Lemahnya Membaca

Lemahnya minat baca anak indonesia,pendidikan di indonesia ini sudah mulai rancu. Ini dikarenakan banyak anak yang diusia 6 tahun keatas. Untuk kemampuan akademiknya sangat tinggi sedangkan untuk masalah membacanya masih sedikit minatnya.

Yang kita ketahui pada saat ini minat baca anak indonesia ini sangat rendah. Dibandingakan dengan negara-negara lainnya.
Sebenarnya bahwa hanya membaca saja seseorang tetsebut akan kaya dengan ilmu. Namun disayangkan kalau orang indonsia lebih suka dengan akademik dibandingakan dengan membaca buku.

Akan tetapi dari semua ini ada beberapa faktor yag membelakangi rendahnya minat baca. Yaitu buruknya kondisi perpustakaan sekolah-sekolah dengan dominannya sekarang ini lebih sering menonton tv dan mainin HP.

Maka dari itu anak-anak yang gemar membaca akan mampu mengembangkan pola berfikir kreatif sendiri. Tidak hanya maunya di beritahu dahulu sama guru atau orang tua.
Dan mereka juga bisa memberikan informasi-informasi yang beragan dan berguna.

Faktor ini juga lebih bahaya tradisi menonton tv dan mainin HP. Karena TV ini benda yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kalau tidak ada TV maka rasanya akan hanpa. Dan begitu pun HP,karena HP dan TV ini akan merusak budaya cinta membaca bagi anak usia dini sampai dewasa.

Karena mereka lebih senang, menonton dan mainin HP. Ditimbang membaca buku cerita atau pelajaran, karena orang tua dan anak lebih senang duduk santai sambil menonton atau main HP mereka. Mereka juga bisa menyaksikan acara acara hiburan dan lain sebagainya.

Maka dari ini semua mereka kebanyakan menghabiskan berjam-jam demi hal yang tidak penting. Demikian pula aktivitas membaca anak indonesia akan terganggu dengan kehadirannya barang-barang tersebut.
Maka dari ini semua harus diadakan peraturan,ada waktunya kita bersantai dan ada waktunya kita membaca. Supaya anak indonesia menjadi cerdas.

Dan orang tua juga harus memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Ketika orang tua lebih senang mengisi waktu yang kosongnya dengan membaca buku. Maka anak-anaknya juga akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Dan begitupun sebaliknya jika orang tua yang tidak peduli dangan aktivitas membaca,dan lebih senang menghabiskan waktunya hanya dengan yang tidak penting. Dan lebih memilih menonton dibandingkan membaca,maka dari itu anaknya juga akan memilih untuk menemani orang tuanya yang tengah asik dengan menontonnya itu. Karena membaca itu harus ditanamkan oleh semua orang sejak dini,dengan membaca kita akan mempunyai banyak ilmu dan pengetahuan yang luas.

Oke cukup sekian cerita dari saya,terimakasih....

Dini aliati fajar(2015070180)....


Komentar