Paragraf deduksi

Menurut kalian apa si paragraf deduksi itu? Ada yang tahu tidak?.
Kalau menurut aku paragraf deduksi itu adalah paragraf yang menggunakan pola pengembangan dari umum ke khusus. Dan bisa juga dikatakan gagasan utamanya ada diawal kalimat. Seperti pada contohnya:

"Keindahan di puncak"

Wisata puncak adalah tempat tujuan wisatawan untuk berlibur. Banyak sekali dari luar daerah yang berlibur kepuncak.
Karena puncak udaranya masih segar dan bersih. Dan disana juga kita disuguhkan dengan pohon teh yang masih hijau. Dan bisa dipetik dan bisa juga langsung diolah.

Apalagi pada saat malam hari,kalau saja kita berada di paralayang. Dengan keadaan yang tinggi kita bisa melihat keindahannya dari sana. Dan adajuga pada siang hari banyak wisatawan yang ingin naik balon udara. Karena dengan menaiki balon udara tersebut. Akan terlihat keindahan yang sesungguhnya dari atas.

Walaupun puncak jalannya banyak rintangannya,namun setiap hari pasti jalanan tersebut macet. Dikarenakan jalanan tersebut adalan lalu lintas mobil dan motor. Apalagi pada saat hari libur tiba pasti wisatawan ingin sekali berlibur kesana.

Padahal di puncak hanya ada kebun teh saja,tapi kenapa banyak wisatawan yang ingin berlibur kesana?.
Karena mereka ingin melihat keindahan alam yang begitu indah disana.
Dan dipuncak juga banyak sekali wisatawan yang ingin menginap disana. Karena dipuncak telah tersedia banyak villa. Yang disewakan khusus untuk para wisatawan.

Puncak juga bagus untuk acara keluarga,refresing pada saat kita banyak masalah,stres dengan tugas kampus/sekolah dan yang lainnya. Dan dipuncak juga bagus untuk berfoto prewedding. Bagi anda yang ingin berfoto disana aku sarankan diparalayang ya guys. Karena disana tempatnya berbeda dari yang lain. Datarannya lebih tinggi dan kita bisa melihat ke indahan tersebut, dari atas.

Untuk acara liburan panjang kali ini,kalian mau liburan kemana?.
Banyak sekali yang ingin berlibur kesana,selain keadaan tempatnya yang indah. Dan disana juga banyak restoran atau tempat-tempat makan yang enak dan lezat. Kalian harus mencobanya, dan ada pula minuman khas puncak yang enak. Yaitu cimory, karena cimory ini tidak jauh tempatnya dari puncak.

Sebelum kalian kepuncak, kalian akan melewati tempat minuman yang favorit di puncak yaitu cimory. Pokonya kalian wajib mencobanya makanan dan minuman disana.
Oleh karena itu puncak adalah tempat berwisata yang paling banyak pengunjungnya. Dibandingkan dengan yang lainnya.

Makasi guys...
Kritik dan sarannya aku tunggu...
DAF(2015070180)...



Komentar